Jumat, 05 Agustus 2011

Alat - Alat Yang digunakan Untuk Mengakses Internet

Berikut ini adalah alat yang digunakan untuk mengakses internet :

A. PERANGKAT KERAS
     1.  Satu Unit Komputer

     2.  Prosesor
Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer, kecepatan komputer juga sangat ditentukan oleh prosesor yang dipakai. Prosesor yang bisa digunakan untuk akses internet minimal 133 MHz.

     3.  RAM (Memori)
Memori yang digunakan dalam komputer biasa disebut RAM ( Random Access Memory ). RAM dapat membaca / menyimpan / menulis data atau program. RAM yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah minimal 16 MB.



     4.  Harddisk
Hardisk merupakan tempat menyimpan program / data yang ada dalam komputer. Harddisk yang besar mempengaruhi banyaknya software yang disimpan.
 
     5.  Jaringan Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
UTP adalah kabel jaringan yang saat ini paling banyak digunakan. Dengan menggunakan kabel ini pengembangan jumlah klien dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa harus mematikan server.

     6.  Hub (Konsentrator)
            Hub berguna sebagai media antar koneksi yang jauh, yaitu alat pengumpul semua koneksi antar komputer untuk kemudian disambungkan satu sama lain. Keuntungan panggunaan Hub adalah fleksibel, sehingga jumlah klien dapat ditambah setiap saat tanpa menggangu jaringan yang sedang beroperasi.

     7.  Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan line telepon yang berfungsi mengkonfersikan sinyal analog ( telepon ) menjadi sinyal digital ( komputer ) dan juga sebaliknya. Modem berkecepatan minimal 28.800 bps.
 

B. PERANGKAT LUNAK
     1.  Sistem Operasi
            Sistem operasi yang biasanya digunakan adalah Windows, NT, IBM OS2, LINUX/UNI.

     2.  Browser
             Browser merupakan suatu program yang digunakan untuk mengakses internet. Ada beberapa browser yan bisa digunakan seperti: Internet Explorer, Netscape Navigator, Eudora, Internet Phone, Opera, Mozila Firefox dll.

     3.   Anti Virus
              Apabila komputer kita tidak dilengkapi dengan anti virus, maka kemungkinan besar data-data yang ada di komputer akan hilang bahka sistem komputer kita akan lumpuh. Anti virus yang bisa digunakan adalah AVG, AVIRA, NORTON, McAFee dll.

1 komentar: